Sesar Tambu Bergerak, Gempa 4,6 SR Terasa Hingga Palu

0
132

PALU, beritapalu | Gempa bumi kembali terjadi pada Kamis (1/3/2018) sekitarpukul 13.14 Wita dengan kekuatan 4,6 Skala Richter.

Titik pusat gempa Mag:4.7 SR, 01-Mar-18 13:14:28 WITA, Lok:0.23 LS,119.96 BT (25 km TimurLaut DONGGALA-SULTENG), Kedlmn:10 Km ::BMKG-MNI. (Source: BMKG)

Badan Meteolorgi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, gempa tersebut berpusat di Tompe di darat, yakni 11 Km arah Tenggara Tompe, Kabupaten Donggala pada koordinat 0.25 LS – 119.90 BT kedalaman 10 km.

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Tambu,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili MSi dalam rilisnya yang diterima redaksi beritapalu.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara IV MMI di Tompe, Toribulu Kabupaten Parigi Moutong), Kasimbar, Alindau Kabupaten Donggala), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi termasuk di Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah, walau terbilang lemah.

Petrus mengatakan, getaran gempa itu dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, kecuali  benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Terkait dengan gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.