VES Sulteng Club Gelar Aksi Peduli Sampah

0
123
Spanduk kampanye Stop Buang Sampah di Jalan pada aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club di depan Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Ferdy Ganteng)

PALU, beritapalu | Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) juga diperingati oleh komunitas otomotif Vitara-Escudo-SideKick (VES) Sulteng Club di Palu. Wujudnya dengan melaksanakan Aksi Peduli Sampah yang dipusatkan di sektiar Taman GOR, Jalan Dr Moh Hatta Palu, Sabtu (24/2/2018) pagi.

Aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club di Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Enal Ganteng)

Sekretaris VES Sulteng Club Mohammad Rizal SE mengatakan, aksi itu merupakan salah satu bentuk kepedulian kumpulan pecinta kendaraan VES terhadap lingkungan, terutama memerangi perilaku membuang sampah sembarangan, sekaligus bentuk dukungan kepada pemerintah yang belakangan ini menggalakkan program Palu Bersih.

Dengan mengusung tagline “Jalan Bukan Tempat Sampah, Stop Buang Sampah di Jalan,” komunitas itu berkampanye dengan membagi-bagikan sticker kepada setiap pengendara yang lewat. Selain itu mereka juga membersihkan jalan di sekitar tempat tersebut.

Aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club di Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Arman Ganteng)

Beberapa anggota komunitas tersebut bahkan membawa anggota keluarganya lengkap dengan peralatan kebersihan seperti sapu lidi, sekop dan kantongan plastic untuk menampung sampah yang dipungut dari jalan-jalan.

“Kita sering melihat dan mendengar ada pengendara yang membuang sampah dari kendaraannya di jalan. Nah, ini juga menjadi bentuk kampanye atau penyadaran terutama kepada pemilik kendaraan bahwa perilaku itu tidak terpuji. Marilah kita menyadarinya dan mari kita mengubahnya, siapkan tempat sampah di kendaraan anda,” ajak pria yang akarab disapa om Ijal ini.

Aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club yang juga melibatkan anggota keluarga di Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Karyanto Ganteng)

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat VES Sulteng Club Zainal Abidin SE mengatakan, inilah salahs atu implementasi dari kehadiran wadah itu bagi masyarakat.

“Kita tidak memiliki tendensi lain dari aksi ini selain menjadikan wilayah kita bersih dan pengendara menjadi sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Zainal yangs erring dipanggil om Enal ini.

Ia menyebutkan, betapa terpujinya jika seluruh pengendara sudah memiliki kesadaran seperti itu. Sedikitnya, Palu akan memiliki nilai tambah bagi para pengunjung dari luar.

Ketua VES Sulteng Club Mawardin Tjambaru mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, sejumlah program sosial akan digelar lagi dalam waktu dekat ini.

Aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club yang melibatkan VES Kids di Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Anto Ganteng)

“Semangat kebersamaan, kekompakan, dan berbagi di antara sesama anggota sagat kental dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti ini. Ini yang akan kami terus gelorakan dalam setiap pelaksanaan program,” ungkap Mawardin.

Ketua Panitia Aksi Peduli Sampah VES Sulteng Club Randi Antonius mengatakan, gagasan aksi itu lahir dari kesadaran para anggota tentang pentingnya melibatkan diri dalam aksi peduli sampah tersebut.

Menurut Randi, selain swadaya anggota, sejumlah pihak terlibat dalam program sosial tersebut, seperti Bank BNI dan juga main dealer Suzuki di Sulteng, yakni PT. Patraco. (afd)

Jalan DR Moh Hatta yang bersih setelah Aksi Peduli Sampah oleh VES Sulteng Club di Taman GOR Palu, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Om Enal Ganteng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.