Terbakar Lagi, Puluhan Lapak di Pasar Manonda Palu Hangus

0
124
Sejumlah pedagang mengumpulkan sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan usai kebakaran di Pasar Induk Manonda Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (18/2/2018). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Puluhan lapak di Pasar Manonda Palu hangus terbakar. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.45 Wita di bagian Selatan pasar atau Jalan Bayam itu membuat panik para pedagang pagi.

Informasi yang berhasil dihimpun, api diperkirakan bersumber dari lapak kain dan atau sandal serta warung makan di lokasi tersebut, tepatnya di sekitar Los Kaili. Penyebab sehingga munculnya api belum diketahui.

Seorang saksi mata menyebutkan, api tiba-tiba muncul dari los tersebut dan serta merta berteriak “kebakaran”. Beberapa pedagang yang mendengar teriakan dan juga melihat api itu kemudian memukul tiang listrik untuk  meminta bala bantuan.

Pedagang mengevakuasi barang dagangannya usai kebakaran Pasar Manonda Palu, Minggu (18/2/2018). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Warga dan para pedagang pun berusaha “mengeroyok” api untuk memadamkannya dengan peralatan saeadanya. Seorang warga kemudian menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran untuk memabntu memadamkan api yang sudah tidak bisa dikendalikan.

Beberapa saat kemudian, lima unit kendaraan tim pemadam kebakaran tiba di tempat dan langsung melakukan pemadaman. Tim agak kesulitan melakukan pemadaman karena lokasi kebakaran berada di belakang bangunan permanen dan tidak ada jalan masuk kecuali melalui lorong sempit.

Sekitar 1,5 jam api tersebut berhasil ditaklukkan dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di pagi buta tersebut. Sedangkan jumlah kerugian belum bisa ditaksir besarannya.

Sementara itu, para pedagang dibantu sanak keluarganya mengais-ngais di bekas kebakaran sekiranya masih ada barang-barang yang bisa diselamatkan.

Pedagang mengumpulkan sisa-sisa barang usai kebakaran Pasar Manonda Palu, Minggu (18/2/2018). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Pedagang lainnya yang berdekatan dengan lokasi tersebut terlihat mengevakuasi barang dagangannya ke tempat yang lebih aman.

Sekitar pukul 10.15, tidak jauh dari lokasi yang terbakar, terjadi lagi kebakaran yang hampir meluluhlantakkan pasar terbesar di Kota Palu itu disebabkan karena arus pendek atau korsleting. Tiga unit mobil pemadam kebakaran and langsungmenyapu bagian yang terbakar. Untung saja kebkaran “kecil”itu tidak sampai merembet dan membesar.

Hingga berita ini diturunkan, petugas pasar, kepolisian dan TNI tampak masihberada di lokasi. Para pedagang juga sibuk mengevakuasi barang-barang dagangannya, dan tim melakukan pegumpulan data korban kebakaran. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.