Menteri ESDM akan Evaluasi Kontrak Karya PT Citra Palu Mineral

0
95

JAKARTA, beritapalu | Menteri ESDM Ignatius Jonan sepakat akan mengevaluasi kontrak karya PT Citra Palu Mineral (CPM) jika terbukti melakukan pelanggaran hukum terkait dengan pembiaran kegiatan illegal mining oleh sejumlah perusahaan di blok Poboya, Palu, Sulawesi Tengah.

(Ahmad M. Ali)

“Kita akan melakukan investigasi bersama untuk mendalami status Kontrak Karya PT Citra Palu Mineral. Bila terbukti ada pelanggaran, ijinnya kita cabut,” ujar Ignatius Jonan dalam rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI dapil Sulawesi Tengah, Ahmad HM Ali menyampaikan, sulit untuk tidak mengatakan telah terjadi pembiaran oleh PT Citra Palu Mineral terhadap maraknya kegiatan tambang ilegal di dalam lokasi kontrak karya.

Ahmad Ali dalam paparannya mengungkapkan, kegiatan illegal mining di Poboya sudah berlangsung kurang lebih 10 tahun. Sekarang kata dia, tambang emas tersebut digerakkan oleh sejumlah perusahaan.

“Atas dasar hukum apa perusahaan bisa melakukan kegiatan penambangan di dalam lokasi kontrak karya? Anehnya, Kementeriaan ESDM menerbitkan IUP Operasi Produksi pada tahun 2017 di tengah maraknya praktik tambang ilegal. Kuat dugaan ada kongkalikong antara PT Citra Palu Mineral dengan sejumlah perusahaan pengelola tersebut,” ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (26/1/2018).

Dalam rapat kerja tersebut, Menteri ESDM Ignatius Jonan, setuju untuk melakukan evaluasi atas Kontrak Karya PT Citra Palu Mineral. Komisi VII dan Kementeriaan ESDM akan melakukan investigasi bersama secara mendalam sebagai bahan untuk mengambil keputusan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here