Ini Penyebab Muncul Lumpur Panas di Lorong Karoya Palu

0
461

PALU, beritapalu | Usai sudah spekulasi tentang penyebab munculnya lumpur panas di Lorong Karoya Jalan Tanjung Satu Palu setelah pengamat kebumian melakukan investigasi.

Lumpur panas yang muncul di Lorong Karoya Jalan Tanjung Satu Palu, Minggu (15/1/2018). (Foto: beritapalu.com)

Dalam rilisnya yang diterima redaksi, kemunculan lumpur panas itu disebabkan karena terjadinya arus pendek (korslet) di bagian bawah tiang listrik.Sekitar 30 centimeter dari lubang pemunculan lumpur panas itu memang terdapat tiang listrik.

“Disebakan karena hubungan arus pendek dari tiang listrik yang ada di sebelahnya yang memanasi air dan lumpur yang ada di sekitarnya,” kata pengamat kebumian Orisa B Budisetiawan ST MSi.

Ia menjelaskan, lokasi tersebut sebelumnya adalah rawa-rawa dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Sehingga ketika terjadi korslet, campuran sampah itu terbakar dan mendidih lalu mengeluarkan asap.

Bau yang keluar dari lubang itu menurutnya bukan bau belerang melainkan bau sampah tanah yang terbakar akibat korslet tersebut.

Sejauh ini, pihakPT PLN telah melakukan langkah-langkah melakukan perbaikan tiang listrik di dekat lubang terebut.

Sebelumnya diberitakan, warga sektiarnya heboh karena tiba-tiba muncul lumpur panas dari lubang berdiameter sektiar 10cm dari balik tumpukan batu dekat tiang listrik.

Seorang warga yang curiga dengan asap kecil dan suara air mendidih lalu memberanikan diri dan mencari tahu. Setelah dibuka ternyata lumpur panas dari dalam tanah yangkemudian membuat heboh warga sekitarnya. (afd)

Baca juga berita terkait:

Pemunculan Lumpur Panas di Jalan Tanjung Satu Palu Hebohkan Warga
Ini Video Pemunculan Lumpur Panas di jalan Tanjung Satu Palu

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here