Lima Pendaki Gunung Sidole yang Dikabarkan Hilang, Ditemukan Selamat

2
162
Salah seorang Rescue Girl berdialog dengan para pendak yang dikabarkan hilang. (Foto: Basarnas Kantor SAR Palu)

PALU, beritapalu.NET | Lima pendaki yang menapaki Gunung Sidole, Ampibabo, Parigi Moutong yang dikabarkan hilang akhirnya ditemukan dengan selamat setelah lima hari “luntang-lantung” di dalam hutan.

Informasi yang diperoleh dari Basarnas Kantor Palu menyebutkan, kabar hilangnya kelima pendaki itu dilaporkan oleh seorang anggota Tanggapbencana (Tagana) Ampibabo bernama Sudirman. Sudirman melaporkan bahwa lima orang pendaki hilang saat melakukan pendakian di Gunung Sidole sejak Sabtu (23/12/2017).

Pada Senin (25/12/2017), salah seorang pendaki yang bernama Rian memberikan informasi kepada aparat desa In Likunggavali bahwa mereka kehilangan arah dan kehabisan logistik.

“Informasi hilangnya pendaki tersebut baru diketahui Basarnas Palu pada Kamis (28/12/2017),”ungkap Humas Basarnas Kantor Palu, Fatma.

Berbekal infromasi itu, tim rescue yang berjumlah 11 orang langsung diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit rescue truck dan satu unit rescue car beserta peralatan pendukung lainnya.

Fatma menjelaskan, pada Sabtu (23/12/2017)  para survivor star pendakian dari Desa Allo Kecamatan  Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong menuju Puncak Sidole-Sesere. Namun dalam perjalanan pendaki kehilangan jejak di Jalur Aloo-Puncak Sidole Sesere.

Salah satu survivor sempat memberi kabar pada hari Senin (25/12/2017) melalui sms kepada keluarganya di Pelawa Baru, bahwa mereka kehabisan logistik dan kehilangan jalur dan cidera di kaki.

Keluarga survivor mencoba menghubungi melalui telepon namun tidak tersambung. Meski begitu,  survivor tetap dapat berkomunikasi sampai dengan malam Selasa.

Informasi terakhir parapendaki  tersebut bertemu dengan warga yang mencari rotan yang kebetulan bertemu di jalur pendakian. Pendaki tersebut bertanya soal jarak yang lebih dekat antara ke Aloo  atau ke Pantai Barat (Toaya).

Adapun jumlah Survivor yang melakukan pendakian sebanyak lima orang masing-masing; Rocki (Leader)  asal Laskar Puncak Desa Aloo Ampibabo, Edwar Risaldy asal KPG Tirta Kamonji Desa Pelawa Baru Parigi Tengah, Moh. Alfan asal Desa Pelawa Baru Parigi Tengah, Riswan asal Desa Petapa Parigi Tengah, dan Rian asal Biromaru, Sigi.

Saat ini Tim SAR dari KPA Laskar Puncak berada di Pos 2 untuk melakukan pencarian sambil menunggu Pendaki yang kebetulan melakukan Daki Wajib dari Pecinta Alam  Green Line Indonesia Desa Tomoli yang di leaderi oleh Sispala Kamsispala bersama KPG MPB Sulteng.

Pada pukul 16.25 wita Tim rescue mendapat informasi dari keluarga korban bahwa ke empat pendaki berhasil turun dari gunung Kayumalue Kecamatan Palu Utara. (afd/*)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.