NTFP-EP petakan Ekonomi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati

0
164

PALU, beritapalu.NET | NTFP-EP Indonesia melakukan penguatan kapasitas bagi mitra Green Livelihood Alliance yang bekerja di lanskap Lariang di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso untuk memetakan ekonomi lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Thasia Ginting dari NTFP-EP Indonesia mengatakan metode The Economic of Environment and Biodiversity (TEEB) atau Ekonomi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati digunakan untuk menilai dan memetakan sumberdaya alam baik barang dan jasa yang dimiliki atau potensial di desa.

“Metode penilaian ini akan dilakukan baik secara kuantitatif dan kualitatif dan metode pemetaan akan dilakukan menggunakan pemetaaan partisipatif dengan melibatkan masyarakat di desa yang mengetahui wilayahnya”Ujarnya.

Thasia menyebutkan untuk membahas penggunaan sumberdaya yang pertama adalah penetapan harga, property right, insentif, kedua mengukur jasa lingkungan, ketiga maksimisasi aset lingkungan, penggunaan dan kelayakan limbah serta keempat adalah menghambat degradasi.

“Jika dalam pembangunan desa dilakukan hal ini tentu sangat membantu dalam memberikan nilai ekonomi lingkungan dan keanekaragaman hayati sekaligus melakukan valuasi keberlanjutan sumberdaya alam, dan faktanya saat ini banyak desa yang tidak mengetahui hal ini”Ungkapnya.

Olehnya menurut Thasia, penting melakukan valuasi dalam keberlanjutan sumberdaya alam Berapa yang harus dibayar versus berapa biaya penyediaannya. Peran valuasi terhadap ekosistem dan sumberdaya adalah dalam penentuan kebijakan, kuantifikasi manfaat dan kerugian harus dilakukan sebelum mengambil keputusan kebijakan.

Thasia juga mengatakan hasil survei ekonomi lingkungan dan keanekaragaman hayati yang telah dilakukan pada November 2017 akan disosialisasikan di dua kabupaten di lanskap lariang yakni Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso. Sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat dapat mengetahui sejauhmana hasilnya dan dapat memengaruhi kebijakan pengelolaan ekonomi berbasis lingkungan di desa masing-masing.(bal)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.