Status IN Dinaikkan Jadi Tersangka Pembalakan Liar

0
68

PALU, beritapalu.NET | Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah Sulawesi akhirnya meningkatkan status IN (35 tahun) dari saksi menjadi tersangka pembalakan liar, Jumat (8/12/2017).

Kepala Balai Gakkum Eilayah Sulawesi Moh. Nur dalam keterangannya menyebutkan, peningkatan status IN tersebut dilakukan setelah Tim Penyidik Seksi Wilayah II Balai Gakkum KLHK wilayah Sulawesi memeriksa yang bersangkutan.

Ia mengatakan, sebelumnya IN dijadikan saksi dalam upaya hukum berupa penangkapan dan penahanan tersangka pelaku tindak pidana perusakan hutan yaitu memiliki hasil hutan yg diketahui dari pembalakan liar.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang telah dikumpulkan,  pada hari Jumat tanggal 8 Desember 2017, tim penyidik melakukan gelar perkara dan hasil gelar menyepakati menaikan status saudara IN ditingkatka dari saksi menjadi tersangka,” sebut Moh. Nur.

Dikatakan, usai penetapan jadi tersangka tersebut, sekitar pukul 12.25 Wita,  IN datang ke Kantor Seksi II, BPPHLHK Sulawesi untuk mengklarifikasi statusnya.

Namun katanya yangbersangkutan bersikap tidak koperatif terhadap petugas dengan merekam dan menyiarkan secara langsung via medsos kejadian yang sedang berlangsung.

“Tim penyidik sudah beberapa kali menegur yang bersangkutan agar berhenti merekam namun yang bersangkutan tetap merekam proses permintaan keterangan yang sedang berlangsung sehingga penyidik kemudian melakukan upaya paksa berupa penangkapan terhadap tersangka untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” sebutnya.

Namun sampai pukul 21.00 Wita yang bersangkutan tidak bersedia dilakukan pemeriksaan dengan alasan menunggu orang tua dari Makassar,  sehingga tim penyidik kemudian menerbitkan surat perintah penahanan terhadap yang bersangkutan dan menitipkannya di Rumah Tahanan Direktorat TAHTI Polda Sulawesi Tengah selama 20 hari ke depan terhitung mulai 8 s/d 27 Desember 2017. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here