Ubah Hutan Jadi Kebun Merica, Brigade Maleo Gelar Operasi

0
127

POSO, beritapalu.NET | SPORC Brigade Maleo Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah Sulawesi telah melakukan Operasi Gabungan (Opsgab) bersama BKSDA Sulteng,  Polres Poso,  Polsek Pamona Selatan,  Kodim Poso dan Denpom Poso dikawasan TWA Bance dan CA Pamona dan sekitarnya, Selasa (5/12/2017).

Dalam operasi tersebut, tim berhasil mengamankan lokasi hutan yang telah diolah menjadi kebun merica seluas kurang lebih dua hectare dalam kawasan CA Pamona.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim,  pelakunya adalah seorang pria berinisial An yang dimodali  oleh pria berinisia En yang berasal dari Soroako.

“Tim Penyidik Balai Gakkum KLHK telah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk dimintai keterangan tetapi yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan petugas. Walau demikian, kasus ini tetap dalam proses penyelidikan oleh PPNS Gakkum KLHK sulawesi,” ujar Kepala Balai Gakkum wilayah Sulawesi Muh. Nur.

Selain itu tim Opsgab juga berhasil mengamankn kurang lebih 16 m3 kayu berbagai jenis berbentuk bantalan dan kayu jadi dalam berbagai macam ukuran dan 2 unit mesin chainsaw dari 3 lokasi yang berbeda.

“Saat ini barang  bukti telah dititip dan diamankan di kantor KPHK Pamona Poso,” imbuhnya.

Nur juga mengungkapkan, tim juga telah mengamankan dan meminta keterangan dua orang pemilik chainsaw berinisial HD dan SK serta 3 orang pemilik kayu dengan inisial KDR, AB dan AM.

Kasus tersebut sementara dlm pendalaman untuk pengembangan penyelidikan oleh PPNS BALAI Gakkum KLHK Wilayah Sualwesi. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.