Bayi dalam Selokan Itu Dibuang Ibunya Sendiri

0
82
Ilustrasi (@Thinkstock)

PALU, beritapalu.NET | Bayi yang ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa lagi di selokan di Kelurahan petobo, Jumat (17/11/2017) lalu ternyata dibuang oleh ibu kandungnya sendiri, yakni SF (35 tahun).

Kepastian pelaku pembuangan bayi itu disampaikan oleh Paur Humas Polres Palu Aiptu Kadek Aruna dalam rilisnya yang disampaikan ke redaksi beritapalu.NET, Selasa (21/11/2017).

Menurut Kadek, setelah dilakukan penyelidikan, pada Senin (20/11/2017) sekitar pukul 21.00 wita, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Petobo Polsek Palu Selatan Brigadir Moh. Ridho Ponulele, Bripka Dedi, dan Aipda Budinovrizal bersama Babinsa, Ketua Adat, Lurah Petobo, dan Pegawai Kelurahan Petobo  berhasil mengamankan SF.

Setelah dilakukan introgasi, SF tidak lain adalah ibu kandung bayi malang itu.

Menurutya, motif pelaku melakukan aksi keji tersebut karena memiliki masalah dalam keluarganya. Pelaku telah diamankan di Polres Palu Unit PPA untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Untuk sementara Pelaku dijerat Pasal 80 ayat 3 Undang-undang RI No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang berbunyi : Kekerasan yang dilakukan terhadap anak di bawah umur yang mengakibatkan Korban meninggal dunia diancam paling lama 15 tahun kurungan penjara dan denda paling banyak Rp 3 milair dan pasal 194 UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yang berbunyi : setiap orang dengan sengaja melakukan aborsi tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 75 ayat (2) yang berbunyi : larangan melakukan aborsi dapat dikecualikan berdasarkan: indikasi kedaruratan medis, kehamilan akibat perkosaan  dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here