KPK dan ASMI Gelar Kabonena Puenjidi Festival

0
46
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Palu, Rifani Saat membuka kegiatan Kabonena Puenjidi Festival II ditandai dengan pelepasan balon, Kamis (5/10/2017). (Foto : Muhammad Rifki)

PALU, beritapalu.NET | Pemerintah Kelurahan bersama Kerukunan Pemuda Kabonena (KPK) dan Asosiasi Seniman Musik Indinesia (ASMI) Kota Palu mengelar pertunjukan seni budaya tradisional dan modern bertajuk “ Kabonena Puenjidi Festival II” dimulai pada 5 hingga 9 Oktober 2017 di kompleks perumahan Kabonena Permai.

Kegiatan seni itu dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Palu Rifani. Menurut Rifani, Kabonena Puenjidi Festival menjadi wahana untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat Palu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang mengangkat tradisi dan budaya seperti ini. Dengan kegiatan ini, akan terjalalin silaturahim yang baik antarmasyarakat dan melestarikan budaya,”kata Rifani.

Ketua Panitia Mila mengatakan, festivalitu menampilkan seni musik religi, sanggar seni, dan band lokal Palu. Selain itu, dua tarian trdisional yakni tarian Pomente dan tari Mokambu.

“Pada intinya, kegiatan lebih mengangkat budaya dan tradisi lokal adat Kaili,”katanya di sela-sela kegiatan.

Kabonena Puenjidi Festival II mengadakan karnaval budaya melibatkan warga Kecamatan Ulujadi dan sekolah yang ada disekitarnya dan jalan santai.

Ketua ASMI Kota Palu, Hamzah S Kundje menambahkan, sebelum pelaksanaan Kabonena Puenjidi Festival 2017 dsielenggarakan ziarah ke Makam Puenjidi sebagai penghargaan sekaligus medoakan sosok Raja Kabonena.

Menurutnya,  kegiatan yang digelar merupakan bentuk dukungan dengan program kerja pemerintah Kota Palu yakni mengangkat kembali budaya tradisi yang ada.

Kegiatan Kabonena Puenjidi Festival II dirangkaikan denga peringatan Hari Ulang Tahun ke III ASMI Kota Palu. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here