Operasi Tinombala Diperpanjang, 540 Personel Brimob Tiba

0
149
Ratusan personel Brimob mengikuti upacara penerimaan di Bandara Mutiara Palu, Jumat (29/9/2017). (Foto:Chandra)

PALU, beritapalu.NET | Operasi keamanan bersandi Tinombala 2017 kembali diperpanjang hingga Desember 2017. Terkait itu, 540 personel Brimob didatangkan untuk menggantikan personel Brimob sebelumnya yang sudah bertugas.

Ke-540 personel Brimob pengganti tersebut telah tiba di bandara Mutiara SisAljufri, Jumat (29/9/2017) menggunakan pesawat komersil, Lion Air. Mereka terdiri dari personelBrimob dari kesatuan Polda Aceh, Kepulauan Riau, dan Gorontalo.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto menyebutkan bahwa selain pergantian pasukan BKO, juga terjadi pergantian Kepala Operasi (Kaops) dan beberapa komandan sektor dalam Satgas Operasi Tinombala.

KaOps Tinombala sebelumnya diemban oleh Kombes Pol. M. Badrus digantikan oleh KaOps baru yaitu Kombes Pol. Djadjuli.

Setelah dilakukan penerimaan oleh Wakapolda Sulteng Kombes Pol Muh Aris Purnomo, personel tersebut langsung diberangkatkan ke Poso

“Hindari perilaku yang dapat memicu konflik atau gesekan sehingga tercipta kesatuan dan sinergi yang betul-betul solid dengan personel TNI,” ujar Wakapolda dalam amanat penerimaannya.

Wakapolda juga meminta anggota Brimob tidak mengaggap remeh penugasan ini tetapi menumbuhkan kepekaan dan empati sesama anggota Satgas untuk saling melindungi di lapangan.

Ia juga meminta agar semua personel mempelajari dan menghormati adat istiadat masyarakat di daerah operasi sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan, dapat mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM dan adat istiadat setempat.

Perpanjangan operasi tersebut menargetkan perburuan 9 orang anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang kini masih berada di hutan-hutan Poso. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.