Terus Tergerus, Jembatan Pombewe Terancam Putus

0
84
Ini kondisi terakhir jembatan Pombewe. (Foto: Masykur)

SIGI, beritapalu.NET | Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan air Sungai Paneki di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru kerapkali meluap dan terus menggerus dasar jembatan yang melintang di atas sungai tersebut.

Akibatnya, kini jembatan tersebut dalam kondisi rawan putus. Dinding tanah di sekitar kiri kanan jembatan terkikis dan setiap saat bisa saja roboh.

“ Apalagi jika arus sungai makin deras seperti saat ini tanah itu akan runtuh,”  sahut Kades Pombewe, Asfar di sela-sela mendampingi Anggota DPRD Sulteng meninjau lokasi.

“kondisi jembatan di desa kami ini makin rawan karena tidak ada lagi penahan erosi tanah di sekitar jembatan. Banjir beberapa waktu lalu membuat penahan tanah dan jembatan hanyut terbawa banjir”, ujarnya.

Ia mengaku sudah melaporkan kondisi tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sulteng dan Balai Wilayah Sungai Sulteng (BWSS). Namun hingga saat ini belum ada respon.

Anggota DRPD Sulteng Muh. Masykur yang melihat langsung kondisi jembatan itu menyatakan keprihatinannya.

“Paling tidak untuk saat ini sebagai langkah antisipasi dan respon cepat terhadap kondisi kekinian di Desa Pombewe perlu ada peninjauan dari instansi teknis,” sebutnya.

“Ya, saya kira penting ini dilakukan oleh Pemda melalui dinas terkait, karena jika lambat maka akan lebih besar potensi kerugiaan yang dialami warga masyarakat dan pemerintah daerah. Kan alangkah jauh lebih bermafaat jika diantisipasi memang”, ujar Masykur.

Ia berjanji akan meneruskan masalah yang meresahkan warga ini ke pemerintah daerah dan berhaap ada respon positif.(afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.