Warga Namo Kembangkan Budidaya Anggrek

0
116
Lokasibudidaya anggrek di desa Namo, Kulawi, Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto: ist)

SIGI, beritapalu.NET | Siapa yang tidak kenal dengan bunga anggrek yang memiliki keindahan. Anggrek bisa ditemukan di hutan wilayah Desa Namo Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah dalam beragam jenisnya.

Shadiq Ketua Perkumpulan Immunitas menyebutkan salah satu potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang cukup melimpah, namun belum termanfaatkan adalah tumbuhan anggrek (Orchidaceae) dan di hutan Desa Namo, dijumpai beberapa jenis anggrek yang antara lain adalah Cymbidium sp dan Miltona sp. Dendrobium sp dan Oncidium sp. Vanda sp, Arachnis sp, dan Renanthera sp. dan masih dimungkinkan dijumpai jenis-jenis anggrek lain jika dilakukan eksplorasi mendalam.

“Potensi itu sepenuhnya belum banyak yang mengembangkan namun bukan tidak mungkin dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan salah satu yang sedang kami lakukan adalah memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas warga di Desa Namo untuk mengembangkan dan membudidayakan anggrek sehingga tidak selalu mengambil dari hutan alam tapi sudah mulai dibudidayakan,”Kata Shadiq, Jumat (4/8/2017).

Ia menjelaskan melalui kegiatan rintisan model budidaya anggrek komunitas bekerjsama dengan Pemerintah Desa Namo dan LPHD atas dukungan GAGGA–NTFP-EP memfasilitasi 30 Kepala Keluarga  dengan prioritas perempuan sebagai target group untuk meningkatkan kapasitas dan  perluasan akses partisipasi kelompok perempuan di desa Namo dalam pemanfaatan HHBK tumbuhan anggrek.

 

“Ini sebagai usaha sampingan yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan keluarga, keasrian lingkungan dan penampilan kekhasan Desa Namo. Peningkatan kapasitas tersebut dalam bentuk, pembentukan unit pengelola anggrek, pelatihan teknis panen dan budidaya tumbuhan/bunga anggrek, pembuatan rumah anggrek atau shading house, Pembibitan Anggrek dengan kultur jaringan, Pemungutan tumbuhan/bunga anggrek di alam,” ujarnya. (bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here