Pemprov Sulteng akan Bagikan 114 Ribu Kartu Petani

0
96
Ilustrasi (@radarsolo.jawapos.com)

PALU, beritapalu.NET | Dalam waktu dekat, sekitar 114 ribu petani akan diberi Kartu Petani. Kartu ‘sakti’ ini akan menjamin pemenuhan kredit, pembelian sarana produksi dan hal lain yang terkait pengembangan usaha pertanian mereka.

Demikian disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola di Siranindi I di Jalan Mohammad Hatta Palu, Senin (8/5/2017) usai menerima Direksi Bank Rakyat Indonesia dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Tri Iriani Lamakampali.

“Ini adalah kesyukuran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bahwa program pemberian Kartu Petani yang menjadi bagian dari visi dan misi kami didukung oleh pihak perbankan. Artinya apa yang sudah kami sampaikan saat kampanye dulu dalam waktu dekat sudah terealisasi. Sebelumnya para nelayan juga sudah menerima Kartu Nelayan,” sebut Longki.

Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Bunga Elim Somba menyampaikan bahwa pihak perbankan dalam hal ini BRI serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait Kartu Petani itu.

“Kartu Petani ini lebih canggih dari sebelumnya. Selain berisi data dan identitas diri juga berisi data usaha dan lain-lain yang nantinya berguna bagi permohonan kredit perbankan,” jelas mantan Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako ini.

Menurut Elim, kartu Petani ini awalnya akan menyasar 114 ribu dari 300 ribu petani tanaman pangan di Sulawesi Tengah. Ke depan akan menarget petani dari komoditas lainnya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.