Rajindra Jabat Rektor Unismuh Palu

0
95
Rektor Unismuh Palu Rajidnra Rum dan Mantan Rektor Unismuih Palu Heru Wardoyo melakukan Sertijab. (Foto: istimewa)

PALU, beritapalu.NET | Rektor baru Universitas Muhammadiyah Palu periode 2017-2021, Dr H Rajindra Rum SE MM resmi dilantik, Selasa (18/4/2017)  oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ada dua orang Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang hadir saat itu masing-masing dari Majelis Dikti, Dr Chairil Anwar yang melantik Rektor Unismuh Palu dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Dahlan Rais yang memberikan sambutan.

Pelantikan kali ini dihadiri tamu dari berbagai instansi baik pemerintah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Ortom, Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah, Kepala SMA dan SMK Muhammadiyah, para pimpinan Perguruan Tinggi di Kota Palu, pimpinan Unismuh Palu, pengurus Badan Pembina Harian, pimpinan fakultas se Unismuh Palu, unit kerja, perwakilan dosen, karyawan, dan mahasiswa Unismuh Palu, serta para mantan Rektor Unismuh Palu.

Dalam kesempatan itu, Rektor Rajindra menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah dan stakeholders lainnya. Diapun berjanji akan melakukan perubahan dan mengajak semua pihak menuju jalan yang benar.

Beberapa hal yang akan dilakukannya, seperti pengembangan insfrastruktur, penguatan kelembagaan, pengembangan program studi, penyempurnaan tata kelola, dan hal-hal lainnya. “Semua itu menjadi tugas yang akan dilakukan oleh Rektor Unismuh kedepan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Mantan Rektor DR Heru Wardoyo juga mendapat kesempatan memberikan sambutan. Heru berharap, ke depan Unismuh Palu akan menjadi lebih baik lagi.

Sementara Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Dahlan Rais dalam arahannya, menekankan perlunya memperhatikan standar kualitas lulusan, berupa standar pengetahuan, standar keterampilan, dan standar etika atau karakter.

“Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, standar kualitas karakter diperoleh dari mata kuliah Al Islam Kemuhamadiyah (AIK),” jelasnya.

Sementara Dr Chairil Anwar dari Majelis Dikti PP Muhammadiyah, saat ditemui usai pelantikan, mengaku bersyukur atas terlaksananya pelantikan Rektor Unismuh Palu dengan baik. Dia mengatakan, sikap negarawan yang ditunjukkan oleh mantan rektor Unismuh Heru Wardoyo, patut mendapatkan apresiasi.

“Dalam mekanisme pemilihan rektor di Muhammadiyah itu, memang berbeda dengan perguruan tinggi negeri, karena di Muhammadiyah itu, tiga besar hasil pemilihaan senat yang ditentukan oleh pimpinan pusat. Kita bersyukur semuanya berjalan lancar,” jelasnya.

Dipilihnya Dr Rajindra sebagai Rektor Unismuh Palu oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menurut Chairil Anwar, selain pertimbangan memperoleh suara terbanyak dari tiga calon yang terpilih hasil rapat senat, juga dinilai layak dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dukungan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah.

“Setelah mempertimbangkan banyak hal, maka Pimpinan Pusat menetapkan pak Rajindra sebagai Rektor UM Palu,” jelasnya. Prosesi pelantikan Rajindra Rum sebagai Rektor Unismuh Palu, berlangsung khidmat yang dipusatkan di Aula Rektorat Unismuh Palu.(afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.