Babinsa dan Babinkamtibmas Tangkap 4 Pembom Ikan di Wakai

0
73
Ilustrasi pemboman ikan yang merusak terumbu karang.(@republika.co.id)

TOJO UNAUNA, beritapalu.NET | Babinsa dan Babinkamtibmas bersinergi di lapangan dan berhasil menangkap 4 pelaku pembom ikan di Wakai Kepulauan, Rabu (5/4/2017) lalu.

Informasi yang berhasil dirangkum, penangkapan pelaku bom ikan yang merusak biota laut di laut Togean itu dilakukan sekitar pukul 15.17 Wita di tengah laut sekitar wilayah desa Bambu Kecamatan Una Una, Kabupaten Touna.

Awalnya, sekira pkl 09.00 Wita, Babinsa Koramil 1307-06/Wakep Serda Jamaluddin  menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kegiatan pemboman ikan di desa Bambu Kec. Una Una. Mendapat laporan itu, Jamaluddin langsung berkoordinasi dengan anggota Polsek Wakai.

Setelah direstui Danramil setempat, Babinsa tersebut bersama aparat Babinkamtibmas menuju lokasi yang dilaporkan. Setibanya diTKP, pelaku pengeboman tidak ditemukan. Meski demikian, dari kejauhan  ada tiga perahu yang terlihat.

Jamaludin dkk mengabil langkah berpura pura memancing sampai pada pukul 13.20  wita dan  tidak lama kemudian mereka yang dicurigai dengan perahu yang terlihat itu merapat dan berpura pura pulang. Pergerakan pelau tersebut terus dipantau dari balik pohon bakau.

Setelah  sekitar 1 jam  kemudian, aparat  dikejutkan dengan pemboman yang dilakukan oleh pelaku secara berentetan. Aparat masih tetap menyamar menjadi pemancing dan sementara itu para pembom terjun kelaut untuk mengambil ikan-ikan yang sudah dibom.

Hingga tiba saatnya, sekitar  50 meter dari tempat pelaku menyelam, Jamaludin mengeluarkan tembakan peringatan ke udara sebanyak 7 kali maka saat itu juga pelaku yang lain langsung melompat ke laut  dan langsung ditangkap.

Keempat pelaku itu masing-masing On (40), Mn (38), Sl (25), dan Kd (35). Semua tersangka tersebut berasal dari Desa Kabalutan Kec.Una Una  Kab. Touna dan selanjutnya mereka dibawa ke Polsek Wakai dengan barang bukti 2 unit perahu, 1 buah Fiber yang berisi ikan lalosi. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.