Juara Lomba Marathon Equator 10K di Parigi Moutong Diborong Pelari Asal Kenya

0
91
Sejumlah peserta kategori putra internasional asal Kenya menuju garis finis ketika mengikuti lomba lari Equator 10 Km pada rangkaain kegiatan Festival Pesona Teluk Tomini 2017 di jalur Trans Sulawesi di Desa Maninili Utara, Tinombo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (1/4). Lomba yang dikuti sekitar 1.500 orang itu dibagi menjadi empat kategori yaitu, Putra Internasional, Putri Internasional, Nasional dan Pelajar. ANTARA FOTO/fs/Ridwan/pd/17.

PARIGI MOUTONG, beritapalu.NET | Lomba lari marathon bertajuk Equator 10K yang dihelat dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (1/4/2017) didominasi oleh para pelari asal negara Kenya.

Bahkan seluruh juara baik dikategori putra maupun putri disapu bersih oleh para pelari Afrika pada lomba lari yang berakhir di Tugu Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan.

Pada kategori internasional putra, Juara I diraih Charles Munyua Njoki dan langsung menerima hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta, menyusul Juara II Stephen Mungathia Nkubitu dengan hadiah Rp20 juta.

Posisi ketiga direbut Peter Keter yang meraih bonus Rp15 juta, posisi keempat Samson Karega Kamau (Rp10 juta) menyusul Gilbert Muke (Rp7,5 juta) dan posisi terakhir Daniel Kiprotich Kogo dengan hadiah Rp5 juta.

Sementara pada kategori internasional Putri, juara satu diraih Chintia Chilangat Towettn menyusul Anna Mukuhi Njihia, dan Elizabeth Wanza Maythia dengan bonus masing-masing Rp25 juta, Rp20 juta dan Rp15 juta.

Sejumlah pelari asal Kamboja dan Mongolia yang ikut serta dalam lomba tersebut tertinggal cukup jauh di belakang para pelari asal Kenya tersebut.

Sementara itu pada kategori nasional, juara pertama diraih Agus Prayogo asal Jawa Barat yang juga salah seorang pelari nasional SEA Games 2016 dengan bonus Rp20 juta.

Posisi kedua direbut Ridwan asal NTB dengan bonus sebesar 15 juta, menyusul Acong Purwanto asal Jawa Barat dengan bonus Rp10 juta, posisi keempat Herlanto Raego asal Makassar dengan bonus Rp7,5 juta, posisi kelima Hamdan Suyuti asal Sumatera Barat dengan bonus Rp5 juta dan posisi keenam, Eliaser asal Jawa Barat dengan bonus Rp2,5 juta.

Sedangkan kategori pelajar putra juara satu diraih oleh Nofaldin Petingko asal SMKN 1 Parigi Utara, dengan bonus Rp3,5 juta, juara kedua Apridandi Raego asal SMAN Lage Kabupatern Poso (Rp2,5 juta), menyusul Fajarudin asal SMAN Olahraga Tadulako Palu (Rp2 juta), Sultan Hadi asal sekolah SMAN Olahraga Tadulako (Rp1,5 juta), Refnal asal SMAN 1 Kecamatan Mepanga, Parigi Utara (Rp 1 juta) dan terakhir Ronaldo asal MAN 1 Kecamatan Parigi Utara (Rp750 ribu).

Lomba yang diikuti sekitar 1.500 peserta itu dilepas Direktur Wisata dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramli di Desa Maninili Utara dan diterima Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu di garis finih Tugu Khatulistiwa dengan total hadiah Rp164 juta. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here