Bermitra dengan Peternak di Poso, TNI AD Manfaatkan Kotoran Sapi

0
59
Pengolahan kotoran sapi menjadi pupukorganik hasil kemitraan TNI AD dengan kelompok tani di Poso, Jumat (3/3/2017). (Foto: penrem 132 Tadulako)

POSO, beritapalu.NET | Kemitraan dengan masyarakat dan kelompk warga terus dibina oleh TNI AD, terutama jajaran Kodim 1307/PS. Salah satu bentuknya adalah pengebangbiakan sapi dan pengolahan kotoran menjadi pupuk organik.

Di Poso, program itu sudah berjaln sejak beberapa waktu lalu. Dan saat ini, kemitraan yang dibangun bersama Kelompok Tani Ternak Sapi Buana Lestari sudah membuahkan hasil. Sapi milik Kodim 1307/PS sebanyak 9 ekor betina dan seekor jantan dititipkan di kelompok tani tersebut. Limbah atau kotorannya bahkan sudah diolah menjadi pupuk dan bernilai ekonomis yang cukuplumayan.

“Saat ini kerjasama ini sudah mulai membuahkan hasil dimana kotoran dari sapi tersebut diolah menjadi pupuk organik yang laku dijual di pasaran,” kata Dandim 1307/PS Letkol Inf Dody Triyo Hadi.

Menurutnya, pupuk organik dari kotoran sapi ini sangat diminati oleh para petani di Poso karena disamping harganya yang murah, kualitas dari pupuk ini tidak kalah dari pupuk-pupuk organik keluaran pabrik. Pupuk ini sangat baik bagi tanah disekitarnya dan terhadap tanaman yang menggunakan pupuk itu sendiri.

“Hasil yang diperoleh dari kerjasama kemitraan ini sepenuhnya diberikan kepada kelompok tani itu sendiri dengan catatan harus dikelola dengan baik dibawah pengawasan Babinsa dan Danramil,” imbuh Dandim Dody.

Ia menegaskan, program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti ini sangat menjadi atensi yang serius dari pimpinan TNI karena dengan meningkatnya taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung akan membawa dampak terhadap terciptanya stabilitas keamanan wilayah yang lebih  kondusif ditengah-tengah masyarakat. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here