Diduga Ilegal, 6 Kontainer Kayu Diamankan Di Pelabuhan Tangkiang Banggai

0
48
Ini sebagian kayu yang ditemukan aparat Koramil 1308-04 Kintom Banggai di Pelabuhan Kintom Banggai, Kamis (2/2/2017). (Foto: Istimewa)

BANGGAI, beritapalu.NET | Sedikitnya enam kontainer berisi kayu log dan bantalan diamankan oleh aparat Koramil 1308-04 Kintom karena diduga ilegal. Ke-6 kontainer berisi kayu Kahomama dan Sengon itu diamankan di Pelabuhan Kontainer Tangkiang Desa Kalolos Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017).

Informasi yang berhasil dihimpun, kayu-kayu yang telah dipak rapi dalamkontainer itu diketahui oleh Babinsa Koramil 1308-04 Kintom yang kemudian disampaikan kepada Danramil Kapten Inf Udi Haryanto. Mendapat laporan tersebut, Danramil langsung berkoordinasi untuk melakukan pengecekan di lokasi temuan.

Alhasil, setelah dilakukan pengecekan oleh Danramil bersama Pasi intel kodim 1308/LB Kapten Inf Hamja dan anggota unit Intel Kodim, karyawan PT. Meratus Yadi dan Ismail, Daniel Ranting dan pengurus PPPKRI Muh. Basri di pelabuhan Tangkiang, terlihat jelaslah kayu-kayu yang diduga ilegal tersebut.

Di antara kayu-kayu dalam kontainer itu berisi kayu Kahomama dan Sengon dalam berbagai ukuran yang totalnya mencapai 100 meter kubik. Kayu-kayu tersebut ada yangs udah dibuat dalam bentuk batangan, sebagianya lagi masih berbentuk gelondongan atau log.

Beberapa dari konatiner berisi kayu itu sudah teridentifikasi pemiliknya berdasarkan catatan dari manifest PT. Meratus, namun beberapa lainnya tidak tercatat pemiliknya.

Saat dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan surat-surat resmi keabsahan atas kayu tersebut. Sehingga kayu-kayu tersebut patut diduga hasil illegal logging.

Penemuan ini kemudian dilaporkan ke Polres Banggai dan Pihak Kantor Kehutanan Kabupaten Banggai untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here