Parah, Buol Direndam Banjir, Satu Orang Dilaporkan Meninggal

0
93
Rumah warga yang terendam banjir diBuol, Kamis (26/1/2017) (Foto:Istimewa)

BUOL, beritapalu.NET | Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Buol sejak Rabu (25/1/2017) hingga Kamis merendam ratusan rumah dan puluhan hektar sawah di sejumlah desa. Dilaporkan seorang warga meninggal akibat terseret banjir.

Informasi yang berhasil dirangkum, wilayah yang digenangi air cukup parah mencakup Guamonial, Pomayagon, Wakat, Panimbul, Tongon, Potugu, Pujimulio, Taluan, Pinamula, Soraya, Momunu di Kecamatan Momunuyang tinggi air mencapai satu hingga lebih dari dua meter.

Tak hanya di Kecamatan Momunu, di Kecamatan Tiloan seperti desa Boilan, Air Trang, dan Balau juga cukup tinggi di atas satu meter. Di Kecamatan Bukal bahkan hampir seluruh desanya terendam air setinggi lebih dari satu meter.

Diterima laporan. Seorang warga di Desa Maniala dilaporkan meninggal dunia. Hingga berita ini diturunkan, belum terkonfirmasi penyebab meninggalnya seorang warga tersebut.

Selain merendam rumah-rumah dan lahan warga, ratusan warga terpaksa mengungsi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng menyebutkan, sediktinya 110 kepala keluarga di Potugu,Taluan Panimbul, Soraya terpaksa mengungsi. Demikian pula di Desa, Pomayagon, Guamonial, Pinamula, dan Permata Putih.

BPBD merinci, sedikitnya 48 desa dan 7 kelurahan terendam banjir. Lima rumah di Kecamatan Paleleh Barat juga dilaporkan hanyut diterjang banjir. Tak terhitung hewan ternak warga yang hilang.

BPBD Sulteng menyebutkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) di Kabupaten Buol saat ini sudah terjunkan lokasi-lokasi banjir untuk melakukan tindakan pertolongan dan bantuan. Tim itu juga membawa sandang dan pangan termasuk obat-obatan untuk pengungsi. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.