Penumpang KM Usaha Baru 09 Banggai Mengamuk di Kapal, 7 Luka

0
74
Korban amuk di kapal tiba di Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk, Selasa (20/12/2016) malam. (Foto: facebook.com/anonim)

BANGGAI, beritapalu.NET | Seorang penumpang mengamuk dengan sebilah parang di atas Kapal Motor (KM) Usaha Baru 09 rute Banggai –Bangkep, Selasa (20/12/2016) sekitar pukul 23.00 Wita. Akibatnya, sejumlah penumpang terluka dan pelaku sendiri tewas setelah senjatanya dirampas.

Infromasi yang diperoleh, penumpang yang kemudian diketahui bernama Yesron itu mengamuk saat kapal sedang berada di selat Peling menuju Bangkurung Banggai Kepulauan. Yesron mengamuk secara membabibuta dengan mengayun-ayunkan parang yang dibawanya sembari mengejar para penumpang.

Para penumpang yang diuber-ubar ketakutan dan berusaha menghindar. Sejumlah penumpang lainnya terpaksa melompat ke laut untuk menghindar dan menyelamatkan diri dari amukan Yesron tersebut.

Setidaknya tujuh orang yang dilaporkan melompat ke laut, dan tiga dia antaranya berhasil berenang hingga ke tepian Tanjung Tuwis, Luwuk Utara. Sisanya berhasil dis elamatkan oleh Tim SAR Pos Luwuk yang langsung turun ke lokasi saat mendengar insiden tersebut.

Sementara itu, amukan Yesron berhasil dihentikan setelah seorang penumpang berhasil merampas parang yang dipegangnya dan kemudian menikamnya. Pelaku Yesron dinyatakan tewas.

Keterangan yang berhasil dikumpulkan, dari sekitar 37 orang penumpang di atas kapal tersebut, sedikitnya tujuh orang yang mengalami luka tebasan parang akibat amuk Yesron tersebut.

Pihak kepolisian telah menangani kasus tersebut dan sejumlah saksi dan korban sedang dimintai keterangan.

Beberapa saksi menyebutkan, Yesron mengamuk karena depresi. Hal itu juga dibenarkan oleh mantan isteri Yesron, Mince.

Koordinator PosSAR Luwuk, Widodo menyebutkan, pihaknya  setelah menerima informasi tersebut langsung berangkat ke lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit rubber boat dan peralatan pendukung lainnya.

Tim rescue tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 23.45 Wita dan langsung melakukan evakuasi terhadap 6 korban yang lompat dari kapal dalam keadaan selamat.

Beriut daftar nama korban luka dan berhasil diselamatkan di laut:

1.Susanti (luka)

2.Haswin (luka)

3.Agun (luka)

4.Yuga (luka)

5.Erik (luka)

6.Nurpaidah (luka)

7.Ketut Indrawan (luka)

8.Judi (selamat)

9.Leo (selamat)

10.Juki (selamat)

11.Dei (selamat)

12.Ahem (selamat)

  1. Iksan (selamat)

14.Yesron (meninggal dunia)

(afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.