Warga Berdemo, Buruh Mogok Kerja di Bahodopi

0
66
Masyarakat dan buruh melakukan aksi demontrasi serta mogok kerja di depan pabrik PT.GCNS, Rabu, (14/12/2016). (Foto : Rocky Mandiri Putra)

MOROWALI, beritapalu.NET | Ribuan warga bersama buruh yang tergabung dalam Aksi Gerakan Rakyat melakukan aksi demonstrasi dan mogok kerja di lokasi pabrik nikel terbesar se-Asia yang terletak di kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (14/12/2016).

Koordinator Lapangan (korlap) Roy Bualo menyebutkan, sedikitnya ada delapan poin prioritas tuntutan mereka yang disampaikan ke PT. Bintang Delapan Mineral (BDM), PT. IMIP, PT. GCNS, PT. ITSS DAN PT NSS.

Di anatara tuntutan itu adalah kesehjateraan buruh dan prestasi kerja, kepastian kontrak kerja karyawan permanen,   listrik 24 jam Kecamatan Bahodopi sesuai MOU perusahaan dan Pemda yang akan menyelesaikan jaringan listrik pertanggal 30 november 2016.

Selain itu, mereka juga menuntut pihak perusahaan agar bertanggung jawab terhadap pencemaran lingkungan, penyorobotan lahan warga masyarakat Bahodopi, pemberdayaan kontraktor lokal, pemberdayaan kos-kosan warga yang saat ini semua karyawan diwajibkan pindah di apartemen milik perusahaan yang disediakan 1 kamar untuk 4 orang dengan tidak boleh membawa keluarga, dan perusahaan wajib memberdayakan transportasi lokal kecamatan Bahodopi.

Roy mengungkapkan, aksi damai ini akan berlangsung selama 3 hari sampai tuntutan tersebut terealisasikan. “Ketika  perusahaan tidak dapat memberikan solusi maka warga dan buruh akan terus melaksanakan demo susulan tanpa berhenti sampai terealisasi ke delapan poin tuntutan kami,” tegas Roy Bualo.

Sementara itu, dari pihak perusahaan tak ada satu pun perwakilan  yang menemui warga dan buruh untuk memberikan keterangan terkait 8  tuntutan tersebut.

“Pihak keamanan menyebutkan bahwa pimpinan perusahaan sedang cuti sampai dengan tanggal 3 Januari 2017,” kata Roy menirukan sekuriti perusahaan tersebut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here