Ke Tolitoli Makin Cepat dengan Hadirnya Kalstar Aviation

0
101
Pesawat ATR Kalstar Aviation. (Foto:  Kalstar Aviation)
Pesawat ATR Kalstar Aviation. (Foto: Kalstar Aviation)

PALU, beritapalu.NET | Kendala jarak tidak lagi menjadi halangan yang berarti bila ingin ke Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, karena satu lagi pesawat komersil membuka rute penerbangannya ke daerah itu. Maskapai tersebut adalah Kalstar Aviation yang bahkan telah memulai penerbangan perdananya pada Rabu (2/11/2016) lalu.

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tolitoli menyambut positif pembukaan rute baru Tarakan-Tolitoli-Palu yang secara regular akan diterbangi setiap hari. Sedikitnya, mobilitas dari dan ke Tolitoli akan makin meningkat dengan hadirnya pesawat tersebut dan dengan demikian akan menunjang pergerakan ekonomi.

Tak kurang dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Mukaddis Syamsuddin menyambut kru Kalstar Aviation sesaat setelah landing di Bandar Udara Sultan Bantilan.

“Tentu ini sangat membantu masyarakat Tolitoli yang ingin berkunjung ke Kaltara atau sebaliknya. Jarak tempuh akan makin pendek dan ini pasti akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di dua daerah,” katanya dalam sabutannya.

Penerbangan perdana itu tidak berakhir di Tolitoli, perjalan dialnjutkan ke Kota Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Palu adalah salah satu bagian dari rute baru pesawat yang bernama panjang Kalimantan Star (Kalstar) itu.

Hadir dalam penyambutan di Palu itu adalah Sekda kota Palu Dharma Gunawan dan Kepala Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu Benjamin Apilute.

Direktur Komersial PT Kalstar Aviation, Aditya Wardana mengemukakan, Kalstar Aviation pada rute baru itu menggunakan pesawat ATR42 dengan kapasitas 72 seat dan langsung dari Palu-Tolitoli-Tarakan-Tanjung Selor-Malinau dan Balikpapan.

“Saat ini, Kalstar Avition sudah menerbangi 24 Kota di Kalimantan diantaranya Pontianak, Ketapang, Pangkalan Bun, Sampit, Banjarmasin, Kota Baru, Samarinda, Berau, Tanjung selor, Tarakan, Nunukan dan lainnya. Sementara untuk wilayah jawa di daerah Jakarta, Surabaya, Bandung serta di wilayah Nusa Tenggara dan mulai tangal 2 November 2016, kami membuka rute dengan menghubungkan  Kaltara dan Sulteng yakni rute Tarakan-Tolo-Toli dan Palu-Toli-Toli,” ungkap Aditya.

“Ke depan, kita akan terus menjalin komunikasi dengan pihak Kalstar untuk membuka peluang kerjasama penerbagan rute baru di beberapa daerah, di sekitar wilayah kota Palu yang aksesnya selama ini hanya bisa ditempuh lewat jalur darat yang memakan waktu cukup lama,” sebut Dharma Gunawan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.