Jurusan Epidemiologi FKM UPRI Gelar Pelatihan Geografic Information System

0
84
Peserta pelatihan GIS (Geografic Information System) yang digelar oleh mahasiswa Jurusan Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang RI (UPRI) Makassar, Selasa (27/9/2016). (Foto: FKM UPRI)
Peserta pelatihan GIS (Geografic Information System) yang digelar oleh mahasiswa Jurusan Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang RI (UPRI) Makassar, Selasa (27/9/2016). (Foto: FKM UPRI)

MAKASSAR, beritapalu.NET | Puluhan mahasiswa dari berbagai Kampus Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan mengikuti pelatihan GIS (Geografic Information System) yang digelar oleh mahasiswa Jurusan Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang RI (UPRI) Makassar, Selasa (27/9/2016).

Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh pihak fakultas dan jurusan Epidemiologi ini bekerjasama dengan sejumlah sponsor dalam rangka memperingati hari Statistik Sedunia dan sekaligus merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di aula FKM UPRI Makassar selama dua hari yaitu pada tanggal 27-28 September 2016. Fasilitator dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Himpunan Epidemiologi (Himapid) FKM UPRI dan Pemateri Muliani Ratnaningsih, SKM Mkes,” sebut Ketua Jurusan Epidemiolog FKM UPRI Makassar Muhammad Azwar, SKM Mkes.

Menurutnya, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi kalangan mahasiswa dalam melakukan pemetaan penyakit, perencanaan, interpretasi dan monitoringbaik itu penyakit menular maupun penyakit tidak menular agar penanganannya lebih komprehensif tidak hanya dari segi kuratif tetapi juga promotif dan preventif.

“Dalam era globalisasi ini, kemajuan teknologi sangat pesat. Untuk mendukung riset-riset kesehatan dipandang perlu menggunakan berbagai macam aplikasi salah satunya menggunakan GIS (Geografic Information System),” jelas Muhammad Azwar yang juga Koordinator Program Rumah Rehabilitasi Narkoba Yayasan Mitra Husada (YMH) Sulsel. (Gafur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.