TNKT Berharap Ada Peneliti Untad Turun ke Kepulauan Togean

0
80
Ilustrasi mangrove di kepulauan Togean. (Foto: istimewa)
Ilustrasi mangrove di kepulauan Togean. (Foto: istimewa)

PALU, beritapalu.NET | Kepala Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT), Kupin Simbolong berharap besar kepada Universitas Tadulako (Untad) agar turun ke Kepulauan Togean melakukan penelitian. Di tempat itu menurutnya, begitu banyak hal yang bisa diungkap, bukan saja aspek kehidupan bawah laut, tetapi juga daratan.

“Di Kepulauan Togean ada cukup banyak spesies endemic. Ada ubur-ubur, ada kera. Sayangnya tak satu pun akademisi kita yang ada di Universitas Tadulako mau turun ke Togean untuk melakukan penelitian,” sebut Kupin dalam sesi tanya jawab pada sosialisasi Festival Pesona Bahari Keulauan Togean di salah satu café di Palu, Sabtu (20/8/2016) malam.

Menurut Kupin, pengembangan Kepulauan Togean, baik sebagai kawasan konservasi maupun sebagai kawasan eko wisata mutlak memerlukan pendekatan akademis. Salah satunya yakni melandasinya dengan hasil penelitian. Atas alasan itulah dibutuhkan hasil penelitian dari kalangan akademisi.

“Saya sudah sampaikan ke Untad, baik secara lisan maupun secara tertulis, namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut. Padahal, kami juga dari TNKT sudah menyatakan siap memfasilitasi jika ada yang ingin melakukan penelitian di Kepulauan Togean,” sebutnya.

Kondisi itu sebutnya sangat kontras dengan dengan beberapa Taman Nasional yang ada di daerah lainnya, dimana aktivitas penelitian dari perguruan tinggi setempat begitu dinamis. Maka menurutnya, menjadi wajar jika taman nasional di daerah lainnya lebih berkembang dibanding TNKT itu sendiri. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.