Ini Infografis Prediksi Mudik 2016 Versi Traveloka

0
53

JAKARTA, beritapalu.NET | Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan booking online hotel dan tiket pesawat, merilis infografis mudik Lebaran 2016 untuk memberikan gambaran lebih mendalam tentang fenomena mudik tahun ini.

Seperti apa tren mudik 2016? Kapan waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat untuk Lebaran? Destinasi apa saja yang menjadi tujuan pemudik? Pelajari selengkapnya dalam infografis di bawah ini:

Infografik : Prediksi Mudik 2016 versi Traveloka
Infografik : Prediksi Mudik 2016 versi Traveloka

Dari data Kementerian Perhubungan, diketahui bahwa setidaknya 1 dari 4 orang pemudik akan menggunakan transportasi udara tahun ini. Diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara akan meningkat 7,6% dibanding tahun lalu atau sekitar 4,6 juta jiwa. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Data tersebut menegaskan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk mudik menggunakan pesawat terus meningkat. Hal ini dikarenakan proses pemesanan tiket pesawat yang makin mudah, bahkan kini dapat dilakukan lewat smartphone.

Data internal Traveloka menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia dalam menghadapi perayaan satu tahun sekali ini, yaitu dengan merencanakan perjalanan mudik sedini mungkin. Berdasarkan histori pemesanan tahun sebelumnya, Traveloka mencatat sebanyak 60% tiket pesawat untuk mudik dipesan sejak awal Ramadan. Sementara itu, kepastian jadwal mudik juga menjadi hal yang penting bagi masyarakat karena sebanyak 75% memesan penerbangan pergi dan pulang dalam satu nomor pesanan.

Agar mudik 2016 semakin nyaman, Traveloka mengimbau pemudik untuk memesan tiket pesawat sejak dini. CEO Traveloka, Ferry Unardi mengatakan, “Kami menyarankan agar masyarakat memesan tiket pesawat pada H-30 hingga H-15 Lebaran karena harga tiket pesawat relatif lebih murah dan beragam promo masih banyak tersedia. Dengan memesan sejak dini, pemudik bisa menghemat tiket pesawat hingga 10%.” Berdasarkan data internal Traveloka, harga tiket pesawat pada periode H-7 Lebaran bisa meningkat hingga 2,7 kali lipat dari harga normal.

Untuk kota tujuan favorit, Traveloka memprediksi Surabaya, Padang, Jogja, Makassar, Denpasar sebagai destinasi terpopuler berdasarkan jumlah pencarian selama periode mudik Lebaran 2016. Walaupun Denpasar bukan tujuan mudik, namun kota ini tetap menjadi primadona karena sebagian masyarakat memanfaatkan momen Lebaran untuk berlibur. (PR Newswire)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.