Sudah Dua Pekan 3 Kecamatan di Morowali Utara Terendam Banjir

0
21

MOROWALI UTARA – Sudah dua pekan tiga kecamatan di Morowali Utara, Sulawesi Tengah terendam banjir. Sejak itu, warga mengungsi dan hingga kini masih bertahan di pengungsian. Tiga kecamatan yang masih terendam banjir itu adalah Kecamatan Petasia, Petasia Timur dan Petasia Barat.

“Pemkab Morut telah menyediakan sebanyak 25 rakit untuk mengangkut kendaraan yang akan melintas karena badan jalan di antara Tompira-Bunta-Kolonodale masih terendam banjir,” kata Kepala BPBD Sulteng Bartholomeus Tandigala seperti dilansir Antara Palu, Sabtu (30/4/2016).

Banjir di wilayah itu akibat Sungai La`a meluap menyusul hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Martias, warga Petasia membenarkan banjir masih merendam permukiman warga sehingga banyak pengungsi yang belum mau pulang ke rumah karena masih khawatir.

Apalagi, kata dia, hujan deras masih mengguyur wilayah tersebut pagi dan malam hari.

Sungai La`a merupakan sungai terbesar di Morut dan setiap kali hujan lebat, airnya meluap ke permukiman dan areal sawah dan kebun warga di sejumlah desa di tiga kecamatan tersebut.

“Ya sampai sekarang ini jalan raya dari Tompira menuju Kolonodale dan sebaliknya masih terendam dan kendaraan harus diseberangkan menggunakan rakit masyarakat yang telah disewa oleh Pemkab Morowali,” katanya.

Sementara itu dari moriwana.com dilaporkan, banjir yang menerjang desa itu tidak hanya membuat warga mengungsi tetapi juga mengalami kesulitan air bersih.

Air untuk konsumsi harian terpaksa diperoleh dari pipa-pipa air yang terendam banjir. Warga harus menyemplung ke dalam banjir untuk mencari pipa yang tergenang air lalu menyambungkannya ke selang untuk diisi ke jeriken. (antarasulteng.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here