Gairah di Semangkok Kaledo Khas Palu

1
93

JIKA berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah tidak sah bila belum mencicipi kuliner khas daerah ini yang disebut Kaledo. Kaledo oleh sebagian warga adalah singkatan dari ‘Kaki Lembu Donggala’.

Kaledo memiliki kuah bening dan agak kekuning-kuningan, dengan rasa khas. Kaledo pertama kali muncul dengan menggunakan bahan baku tulang kaki sapi dengan sedikit dagingnya. Namun perjalanan waktu dan semakin sulitnya mendapatkan tulang kaki, maka menambahkan tulang belakang sapi sebagai pelengkap.

Tidak diketahui secara pasti dari mana asal-usul makanan khas ini. Namun sebuah cerita zaman dahulu bisa menjadi referensi. Di suatu saat ada orang yang menyembelih sapi dan membagi-bagikan dagingnya kepada semua penduduk desa setempat.

Ketika pembagian daging ini tiba, orang Kaili (suku asli) datang belakangan dan hanya memperoleh tulang-tulang kaki sapi dengan sedikit daging yang menempel pada tulang. Tulang-tulang tersebut lalu dimasak. Inilah cikal bakal makanan yang disebut Kaledo itu. Tapi entahlah, sejaah Kaledo belum dituangkan secara tertulis.

Kebanyakan warga setempat menghidangkan Kaledo ini ketika ada perayaan hari tertentu, seperti syukuran atau hari lebaran dan atau acara adat.

Keistimewaan Kaledo terletak pada penggunaan bumbu asam Jawa yang begitu kental. Asam jawa yang di pergunakan dalam kaledo ini adalah asam jawa yang masih muda agar bisa memperoleh konsentrat asam. Selain itu, keistimewaan yang lain adalah terdapatnya bumbu pelengkap khas Kota Palu.

Cara memakannya cukup menarik. Daging yang menempel pada tulang dan sumsum yang ada dalam rongga tulang sapi sangat lezat untuk di nikmati. Makanya dalam penyajiannya telihat berbeda dari masakan-masakan lainnya. Biasanya disediakan pisau, garpu, sumpit atau pipet yang berfungsi untuk mengeluarkan sumsum dari rongga-rongga tulang sapi tersebut.

Kaledo tersebar di warung-warung makanan di Kota Palu dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 60.000. (sumber: pojokpalu)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.