Kemilau Sulawesi Dipamerkan di Bandung

0
84

BANDUNG – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar pameran ‘Kemilau Sulawesi’ di Bandung, Jawa Barat mulai 25 hingga 27 Maret 2016.

Kekhasan Sulawesi ini dipamerkan dalam rangka memperkenalkan pesona Indonesia untuk semakin meningkatkan potensi pariwisata.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan pameran Kemilau Sulawesi merupakan program rutin perkenalan wilayah-wilayah di seluruh Indonesia berdasarkan letak pulau. Tahun 2016 ini, Pulau Sulawesi mendapatkan giliran dalam rangka promosi.

“10 destinasi yang tengah kita kembangkan mulai Sumatera, Kepulauan Seribu. Pada saat ini khusus kita promosikan Sulawesi. Ini bagian dari kegiatan memfasilitasi daerah untuk mempromosikan potensinya,” kata Esthy seperti dikutip dari republika.co.id pada pembukaan pameran Kemilau Sulawesi di Bandung Trade Center (BTC), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/3/2016).

Ia mengatakan pihaknya ingin memfasilitasi memperlihatkan Sulawesi dengan potensi keindahan alam sebagai destinasi wisata. Serta kekayaan khas dari produk unggulan dan keanekaragaman budayanya.

Diharapkan lewat pameran ini, ujar dia, kunjungan wisatawan semakin meningkat. Mengingat potensi luar biasa siap dihadirkan berbagai daerah di Sulawesi.

Pameran ini sengaja digelar di Kota Bandung dikhususkan untuk menjangkau wisatawan lebih banyak lagi baik yang nusantara maupun mancanegara. Pasalnya Jawa Barat dinilai menjadi target wisatawan terbesar. Lebih dari 45 juta wisatawan nusantara berasal dari Jawa Barat.

“Kalau dari data kita Bandung merupakan pasar yang paling besar wisatawan nusantara. Banyak juga yang berlibur ke Bandung menjadi sasaran kita juga untuk bisa menggarap pasar ini,” ujarnya.

Dari pameran ini, Esthy juga mengatakan agar lebih mengutamakan promosi pariwisata di sebuah daerah. Bukan hanya memperkenalkan produk unggulan seperti kerajinan tangan dan makanan. Sebab potensi pariwisata terbesar banyak melirik kekayaan alamnya.

Ia berharap melalui pameran ini potensi pariwisata di Indonesia semakin bertambah. Ditargetkan sebanyak 260 juta wisatawan dapat bertandang ke berbagai pelosok nusantara.

Pameran Kemilau Sulawesi yang berlangsung pada 25-27 Maret 2016 ini diikuti oleh 48 kabupaten kota dari enam provinsi se-Sulawesi. Mereka menampilkan industri makanan, budaya, serta paket wisata dengan target transaksi mencapai Rp 500 juta. (afd/republika.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.