Keindahan Pantai Labuana, Donggala

0
118

01-labuanaPANTAI Labuana merupakan obyek wisata baru yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan. Hamparan pasir putih dan ombaknya yang tenang pastinya membuat betah bagi siapa saja yang datang kesini. Selain bebatuan yang menancap kokoh disepanjang bibir pantai, tempat ini juga memiliki terumbu karang yang masih terjaga, jadi sangat tepat sekali apabila dijadikan destinasi wisata,terutama bagi Anda pencinta snorkeling.

Pantai Labuana terletak di Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Setiap akhir pekan, banyak sekali wisatawan lokal yang berasal dari kota Palu dan sekitarnya datang ke kawasan itu. Suasana pantai Labuana ini yang sangat tenang, hal ini dikarenakan letak pantai yang berada di balik sebuah gunung bernama gunung Bosa. disini Anda bisa bersantai sambil duduk- duduk menikmati suasana pantai yang sangat indah, atau berfoto diatas dermaga kayu.Untuk masuk kekawasan wisata ini Anda tidak akan dipungut biaya apapun.

Rute Perjalanan Ke Pantai Labuana

Untuk mengunjungi Pantai Labuana Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 50 kilo meter ke arah utara Kabupaten Donggala, tepatnya kearah jalan Palu-Toli-Toli. Sampai di Desa Labean, Kecamatan Balaesang,  Anda belok kiri kearah Desa Lombonga. Dari tugu depan Masjid Lombonga, kemudian Anda belok kiri melewati jalanan yang belum diaspal dan menanjak menuju Pantai Labuana.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Dipantai Labuana

Keindahan pantai Labuana memang sangat mempesona, disini Anda bisa melakukan kegiatan wisata yang utamanya berhubungan dengan laut. Air laut yang sangat bening dan ombaknya yang sangat bagus cocok sekali bagi Anda yang suka dengan olah raga snorkeling atau hanya sekedar duduk- duduk dan jalan – jalan menyusuri pantai. Banyak juga dari pengunjung yang menghabiskan waktunya di tempat ini hanya sekedar bermain – main dengan pasir, pastinya sangat menyenangkan.

04-labuanaKeindahan bebatuan di bibir pantai juga menambah nuansa romantis dari pantai ini, ditambah lagi apabila Anda berkunjung ke Pantai Labuana pada waktu sore hari, pemandangan sunset yang sangat mempesona akan Anda dapatkan disini.

Saat rombongan Komisi II DPRD Donggala berkunjung kepantai ini Jumat (4/3) lalu dalam agenda kunjungan kerja, wakil Ketua I DPRD Donggala, Sofyan Yotolembah bertemu dengan pemerintah desa dan warga setempat. Sofyan meminta agar pemerintah desa bekerja sama dengan dinas terkait agar bisa menata tempat itu menjadi sebuah destinasi wisata baru di Kabupaten Donggala.

“Obyek wisata kita ini tidak kalah indah dengan daerah-daerah lain, namun harus dikelola dengan baik dan profesional,” kata Sofyan.

Kabag Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Donggala, Zain, yang hadir saat itu langsung merespon usulan tersebut. Menurut Zain, pantai Labuana sangat mirip dengan obyek wisata pantai Segigi yang ada di Lombok.

 

Namun Zain mengatakan, masih banyak yang harus dibenahi agar wisatawan mau mendatangai pantai Labuana.

“Pantai Labuana ini sudah menjadi heboh. Itulah sebabnya kami datang mengunjungi tempat ini. Pemerintah daerah siap mengelolah tempat ini agar wisatawan mau mendatangi tempat ini,” ucap Zain, disela-sela pertemuan dengan warga.

Uniknya di Desa Lende Ntovea, selain pantai Labuana, juga ada beberapa obyek wisata yang sudah ramai dikujungi wisatawan lokal yaitu pantai Sivalenta, Salapene, dan Parimpi. Pantai ini juga menawarkan keindahan laut yang sangat menawan dengan tebing dan bebatuan yang sangat besar.

02-labuanaRombongan Komisi II dengan menggunakan perahu warga, menyusuri keindahan pantai Labuana hingga ke dusun Sivalenta. Sepanjang perjalanan, rombongan yang terdiri dari ketua komisi II dan anggota, Mahmud P Tahawi, Moh Taufik, Syafruddin Kamaluddin, Bahtiar, Sofyan Muhammadong, Asnudin, Maspuang, Sekwan DPRD Donggala, Lukman, dan beberapa staf, dengan perasaan yang was-was menikmati keindahan pasir putih, batu-batu besar dibibir pantai, dan terumbu karang yang sangat mempesona diatas perahu warga.

“Labuana memang indah,” ujar mereka. So, welcome to Labuana!

Penulis: Jose Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here