Ini Alasan Jendela Pesawat Harus Terbuka Saat Take-off

0
84
Ilustrasi. @www.thisisnapa.com
Ilustrasi. @www.thisisnapa.com

BAGI anda yang pernah melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, pasti pernah ditegur pramugari karena menutup jendela, terutama saat pesawat akan lepas landas atau mendarat. Teguran itu ternyata bukan tanpa alasan.

Dikutip dari aviationgossip.com, sedikitnya terdapat empat alasan yang mewajibkan penumpang untuk membuka penutup jendela. Sebagian besarnya terkait dengan keselamatan dan mengantisipasi keadaan darurat.

  1. Penumpang lain biasanya selalu merasa penasaran dengan keadaan, alhasil butuh mata tambahan untuk melihat situasi di luar pesawat untuk dan bisa saja terjadi sesuatu. Jika itu hal yang dianggap bisa membahayakan keselamatannya, penumpang bisa melaporkan langsung kepada kru pesawat.
  2. Dalam keadaan darurat, setiap detik sangat bermakna. Terbukanya jendela membuat kru bisa memantau kondisi di luar pesawat untuk membantu membuat rencana evakuasi, seperti penggunaan pintu darurat.
  3. Masih dalam keadaan darurat, utamanya saat lepas landas atau mendarat, penumpang bisa mempersiapkan diri. Dalam keadaan terang, jendela yang terbuka dan menyalakan lampu di dalam kabin membuat mata fokus ke cahaya, sehingga jika terjadi sesuatu dan penumpang yang harus segera dievakuasi, karena perubahan pencahayaan bisa membuat pandangan menjadi kabur. Hal yang sama juga terjadi di malam hari, di mana jendela yang terbuka membuat cahaya redup.
  4. Terbukanya jendela bisa memberikan petugas penyelamat melihat situasi di dalam kabin.

Inilah alasan kenapa jendela pesawat harus selalu dibuka. Demi keamanan, patuhi aturan keselamatan yang disampaikan para kru. (aviationgossip.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.