Longki: Sail Tomini Justru Untungkan Tojo Unauna

0
68

AMPANA – Sail Tomini yang dihelat pada 19 September 2015 lalu ternyata membawa dampak menguntungkan bagi masyarakat di Kabupaten Tojo Unauna. Sejumlah dermaga dan rumah sakit baru dibangun di sejumlah Kepulauan di wilayah tersebut.

“Meski pusat penyelenggarannya di Desa Pelawa Baru dan Pangi namun wilayah Kepulauan di Tojo Unauna justru mendapat manfaatnya,” ungkap Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada kunjungannya ke daerah itu belum lama ini.

Tercatat lima dermaga rakyat di bangun di wilayah Kepulauan Togian ditambah satu rumah sakit besar di Wakai. Lalu Bandara Tanjung Api dipercepat pembangunannya. Sementara Parigi Moutong hanya kebagian fasilitas pusat penyelenggaran Sail Tomini.

Soal itu juga diakui oleh Yasser Fedayyen,  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tojo Unauna dari Partai Amanat Nasional.

“Setiap saat saya menjawab pertanyaan warga yang kecewa soal pusat penyelenggaran Sail Tomini. Saya sampaikan bahwa penentuan itu adalah hak Kementerian Kesejahteraan Rakyat. Kala itu Agung Laksono sudah dibawa Gubernur Longki Djanggola melihat kawasan Kepulauan Togian dan Parigi Moutong. Melihat kesiapan penginapan dan bandar udara,” ungkap Yasser.

Saat itu, kemudian Kementerian memutuskan Parigi Moutong menjadi lokasi pusat penyelenggaran Sail Tomini. Salah satu, pertimbangannya adalah bahwa Presiden, Menteri dan rombongan tamu-tamu negara serta undangan lainnya dapat mendarat di Palu dan menginap di Palu sebagai titik terdekat sebelum menuju lokasi.

“Jadi keliru bila selama ini ada yang bilang karena saya pernah jadi Bupati Parigi Moutong lalu lokasi pusat penyelenggaran Sail Tomini ditaruh di Parigi Moutong,” kata Longki.

Dikatakannya juga bahwa hal terkait pengembangan Teluk Tomini dan wilayah pesisir sudah menjadi perhatian dirinya sejak masih di Parigi Moutong. Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng menjadi partnernya.

“Pada 2015 ancang-ancang Sail Tomini sudah dibicarakan dengan Dinas terkait. Bupati Tojo Unauna Damsjik Ladjalani dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu yang mendampingi saya selama bertemu dengan Kementerian untuk merampungkan ide ini,” tutur Longki.

Menurut Longki, semestinya suara-suara sumbang sebagian masyarakat Tojo Unauna terkait Sail Tomini yang sudah lalu tidak ada lagi. Sebab yang memetik keuntungan dari itu adalah masyarakat di Tojo Unauna dan Kepulauan. Lima dermaga rakyat di bangun di Kepulauan, lalu satu rumah sakit dibangun di Wakai dan Bandar Udara Tanjung Api dipercepat pembangunannya. Belum lagi infrastruktur lainnya, seperti jalan dan jembatan dipercepat pengerjaannya.

“Semua itu bisa seperti itu karena persiapan menghadapi Sail Tomini lalu. Jadi semestinya bersyukur bukan mengeluh atau protes yang tidak jelas,” tekan Longki. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.