Warga Pulau Bangkurung dan Bokan, Banggai Laut Merasa Dianaktirikan

0
66
Tower  milik milik salah satu operator seluler yang berdiri kokoh tepat bersebelahan dengan kantor camat Bangkurung namun belum difungsikan. (foto: Sabri)
Tower milik milik salah satu operator seluler yang berdiri kokoh tepat bersebelahan dengan kantor camat Bangkurung namun belum difungsikan. (foto: Sabri)

BANGGAI LAUT – Warga yang berdiam di Pulau Bangkurung dan Pulau Bokan, Banggai Laut merasa dianaktririkan, terutama dalam hal infrstruktur telekomunikasi. Pasalnya, hingga kini fasilitas komunikasi seluler di kedua pulau tersebut belum tersedia secara memadai. Sesungguhnya, salah satu operator seluler sudah membangun tower namun sejak dua tahun selesai tower itu, sampai saat ini tidak difungsikan.

Tidak tersedianya fasilitas komunikasi tersebut mengakibatkan warga yang berdiam di kedua pulau yang nota bene adalahbagian dari NKRI kesulitan mendapatkan dan memberikan informasi dari dan keluar pulau. “Apalagi dalam kondisi cuaca saat ini dimana gelombang laut sangat tidak bersahabat, warga di semakin terisolir dari dunia luar,” ungkap Sabri, salah seorang warga.

Sabri mengatakan, tidak kunjung difungsikannya tower yang sudah dibangun di Desa Lantibung Kecamatan Bangkurung dan Desa Bungin Kecamatan Bokan kepulauan tersebut membuat warga makin tidak merasakan adanya pemerataan pembangunan, terutama di bidang telekomunikasi.

“Warga di kedua pulau itu apabila ingin berkomunikasi mereka harus ke Ibu kota kabupaten dengan jarak rata-rata 4 sampai 5 jam perjalanan mengunakan kapal laut. Hal ini  yang membuat mereka bertanya-tanya, kenapa tower tersebut belum juga di fungsikan, sementara sudah lama dibangun sejak tahun 2013,” ujarnya.

Bagaimana dengan slogan “Begitu Deka Begitu nyata”, “Jangkauan Terluas & Kualitas Terbaik” dan “Paling Indonesia”  serta “ Menjangkau Pelosok Nusantara”? Apakah katanya hanya slogan yang berlaku di wilayah Barat Indonesia bagaimana ke wilayah timur Indonesia khususnya wilayah Banggai Laut Propinsi Sulawesi tengah yang notabene wilayahnya berada di gugusan pulau pulau kecil,” tanyanya.

Ia mengatakan, warga Kepulauan Bangkurung dan Bokan Kepulauan sangat berharap aktifnya jaringan telekomunikasi di wilayah mereka sehingga mempermudah proses perekonomian dan informasi di wilayah tersebut.

Ia berharap juga semoga menjelang ulang tahun NKRI ke 70 tahun ini mereka bisa berbagi kebahagian untuk warga kepulauan Bangkurung dan Bokan dengan mengaktifkan jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here