Narkoba, Pasangan Suami Isteri Divonsi Mati

0
48

sidang paluMAKASSAR – Vonis maksimal dijatuhkan majelis hakim PN Pinrang, Provinsi Sulsel, terhadap H Dawang alias Raja Laut dan istrinya, Hj Maemunah. Pasangan suami istri (Pasutri) tersebut divonis mati dalam kasus narkoba, Kamis 21 Mei.

Selain Raja Laut dan istrinya, majelis hakim juga menjatuhkan penjara seumur hidup terhadap Ilham. Vonis terhadap Ilham lebih ringan, karena hanya sebagai kurir Raja Laut.

Tak sampai di situ, hakim juga menyita uang milik terpidana Rp 15 miliar. Uang tersebut merupakan hasil transaksi narkoba.

Vonis mati yang dijatuhkan majelis hakim yang terdiri atas Fitria Ade Maya, M Firman Akbar, dan Divo Ardianto, cukup mengejutkan. Soalnya dalam kasus ini, JPU Kejari Pinrang hanya menuntut 20 tahun penjara kepada pasutri “narkoba” ini.

Kemarin, Raja Laut dan istri tampak shock. Keduanya tak banyak bicara. Mereka hanya meneteskan air mata setelah mendengar vonis majelis hakim. Keduanya pun sepakat banding atas vonis tersebut.

Terkhusus Illang, putusan seumur hidup yang dijatuhkan hakim tak membuatnya sedih. Dia pun masih pikir-pikir akan banding mengingat sanksi yang dijatuhkan lebih ringan dibanding bos-nya.

Para terpidana tertangkap tangan memiliki dan mengedarkan sabu-sabu seberat 6,8 kg. Vonis mati kepada keduanya dijatuhkan dengan pertimbangan Raja Laut dan istrinya, dianggap telah merusak generasi muda. Pasalnya, sejak bisnis haram ini mereka geluti pada 2013 lalu, ratusan kg sabu-sabu telah diedarkan.

“Bisnis narkoba yang dijalankan kedua terdakwa sungguh sangat bertentangan. Apa yang diputuskan ini pun sudah sangat pantas, karena pertimbangan yang sudah dibacakan. Apalagi jumlah barang bukti yang ada sangat besar,” ujar salah satu hakim.

Selain itu, dasar hukuman ini sangat pantas mengingat jaringan bandar narkoba ini berskala internasional. Keduanya, juga berulang kali melakukan pembelian dan penjualan sabu-sabu dengan melibatkan sejumlah kurir dalam jaringannya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.