Furqanuddin Masulili Jadi Pj Bupati Banggai Laut

0
16

banggai lautBANGKEP – Hari ini (Kamis, 23/4/2015) setelah dilantik oleh Gubernur Sulteng atas nama Mendagri, Penjabat Bupati Banggai Laut resmi dipegang oleh Furqanuddin Masulili setelah sebelumnya selama dua tahun berturut-turut dijabat oleh Hidayat Lamakarate.

Sesuai aturan, penjabat bupati tidak dibenarkan menduduki posisi tersebut setelah dua kali diduki. Furqanuddin Masulili sebelumnya adalah Sekretaris Kabupaten Banggai Laut.

Furqanuddin Masulili yang juga pernah menjabat sebagai Kadis Keuangan di Banggai Laut itu akan menduduki posisi sebagai penjabat sampai terbentuknya Bupati Banggai Laut yang definitif.

Sebagaimana amanat UU Nomor 5 Tahun 2013 tentang pembentukan Kabupaten Banggai Laut, mengenai urusan penyelenggaran pemerintah daerah pasal 10, sebelum Bupati dan Wakil Bupati definitif terpilih sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden mengangkat Penjabat Bupati dari Pegawai Negeri Sipil berdasarkan usulan Gubernur Sulawesi Tengah dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun.

Kemudian Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden dapat mengangkat kembali Penjabat Bupati untuk 1 (satu) kali masa jabatan berikutnya, paling lama 1 (satu) tahun atau menggantinya dengan penjabat lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here