Sekarang Bisa Internetan Tanpa Pulsa

0
78

JAKARTA – Operator seluler terkemuka di Indonesia, Indosat bekerjasama dengan facebook meluncurkan layanan Internet.org, sebagai inisiatif dari Facebook untuk memberikan akses internet gratis kepada masyarakat luas.

Seluruh pengguna seluler Indosat kini lebih mudah diakses melalui konten dan aplikasi yang telah tersedia dalam Internet.org. Adapun konten-konten tersebut antara lain Facebook, situs belanja, portal berita dan hiburan, serta informasi karir dan olah raga.

Acara peluncuran yang di gelar di Jakarta Theater, Jakarta, dihadiri Alexander Rusli, selaku President Director and CEO Indosat, akhir pekan kemarin. Rusli dalam sambutannya mengatakan bahwa inisiasi Internet.org adalah untuk membuat masyarakat Indonesia lebih banyak bisa terhubung dengan internet.

“Selama ini, warga pedesaan yang pada umumnya pengguna feature phone masih sangat kesulitan terhubung dengan kemajuan teknologi ini. Bahkan jumlahnya mencapai sampai 70 persen,” ungkap Alexander Rusli.

Situasi masyarakat pedesaan juga membuat sulit mengakses internet. Karena terkendala seperti jarak yang jauh untuk membeli pulsa dan minimal harus memiliki smartphone. Tapi dengan Internet.org, Indosat telah mendobrak barrier tersebut.

Internet.org ini lanjut Rusli akan membawa konektivitas nirkabel bagi semua orang di perkotaan dan 52 persen dari penduduk di daerah pedesaan. Serta membuat koneksi internet menjadi maksimal 5 persen dari pendapatan bulanan masyarakat Indonesia pada akhir 2019.

Sampai saat ini penetrasi internet di Indonesia itu masih sekitar 30 persen. Artinya masih ada sekitar 70 persen masyarakat Indonesia yang belum terhubung dengan Internet.

“Sebab itu kami yakin penetrasi ini akan semakin besar,” ujar Rusli.

Menurut Alex, kemudahan yang diberikan Indosat dengan Internet.org adalah mengangkat kekhawatiran pengguna yang selama ini harus berpikir untuk membeli paket data.

“Dengan menggunakan jaringan Indosat, pengguna sudah bisa internetan karena akses data diberikan secara gratis,” ujarnya.

Selain itu, aplikasi-aplikasi dan konten di Internet.org juga diklaim Alex tidak lapar bandwidth. “Pakai 2G pun cepat, butuh bandwidth kecil saja,” katanya.

Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Pos dan Informatika Kemenkominfo yang datang mewakili Menkominfo Rudiantara yang hadir dalam acara mengatakan dengan hadirnya Internet.org diharapkan bisa membuka akses dan peluang bagi masyarakat Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan adanya internetan gratis menambah pengetahuan masyarakat Indonesia dan membuka peluang menumbuhkan ekonomi masyarakat Indonesia lebih baik,” ujarnya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.