Mantan Kacab BPD Bangkep Bobol Dana Kredit Nasabah

0
62

Palu-Dana kredit nasabah Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulteng sebesar Rp12 miliar lebih  dibobol oleh mantan Kepala Cabang Pembantu  BPD Banggai Kepulauan (Bangkep) Hengky Amir (35).Tersangka dilaporkan oleh Biro Hukum BPD Sulteng setelah menemukan hasil audit dana kredit yang nama nasabahnya fiktif.

Berdasarkan laporan tersebut penyidik Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sulteng melakukan penyidikan dan akhirnya menetapkan Hengky sebagai tersangka dan ditahan di Polda Sulteng, Minggu (24/3) kemarin.

Wakil direktur  Reskrimsus Polda Sulteng AKPB Utoro Saputro, SH, didampingi Kasubid Ekonomi Khusus dan Cibercrime AKBP Amin Rovi SIK, bersama Kasubag Penum Humas Kompol Rostin Tumaloto, Senin (25/3) mengatakan,    setelah pihak BPD Sulteng melakukan audit ditemukan nasabah-nasabah fiktif dengan dana kredit yang sudah dikeluarkan sejumlah Rp12,483 miliar.

“Tersangka diamankan Polres Banggai di pelabuhan saat hendak ke luar Kota Banggai. Setelah itu tersangka kami undang ke Polda untuk menjalani pemeriksaan. Hasil pemeriksaan tersangka mengakui perbuatannya dan sudah dilakukan penahanan,” Ungkap Utoro.

Utoro menjelaskan bahwa tersangka melakukan aksinya dengan cara memalsukan persyaratan nasabah dengan meminjam KTP dan kartu keluarga warga yang diberinya imbalan uang. Dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga itu tersangka kemudian membuat rekening untuk dana kredit nasabah BPD Bangkep.

“Dari pengakuan tersangka terdapat sekitar 160 nasabah fiktif yang menerima kredit melalui rekening yang dipalsukan tersangka,”Sebutnya.

Dia menambahkan bahwa tindakan  tersangka sudah melakukan aksi kejahatannya sejak 2011 hingga 2013 dan dilakukan seorang diri dan kasusnya masih dikembangkan.(put)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.