LONGSOR DI MOROWALI DIAKIBATKAN PENGERUKAN GUNUNG

0
44

PALU – Bencana tanah longsor Selasa Siang yang terjadi di Kabupaten Morowali ternyata disebabkan oleh pengerukan gunung yang dilakukan oleh perusahaan sawit milik Astra Grup. Hal itu ditegaskan Kapolres Morowali AKBP Suhirman SIK saat dikonfirmasi per telepon beritapalu.com malam tadi.

Menurut Kapolres, longsor yang terjadi sekitar pukul 12.30 WITA itu, mengakibatkan mengakibatkan 10 warga tewas tertimbun, sementara tiga warga lainnya masih tertimbun dan dalam pencarian dan belasan lainnya luka-luka.
“Kami sudah menurunkan pasukan dari Polres Morowali untuk mengamankan lokasi serta melakukan pencarian korban,’’ jelas Kapolres AKBP Suhirman.

Dalam video amatir yang diperoleh beritapalu.com malam ini, terlihat suasana duka menyelimuti kamar jenazah Rumah Sakit Umum Kolonodale Kabupaten Morowali. Dalam video itu terlihat delapan dari sepuluh jenazah korban longsor di dusun Bungini Desa Bunta Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali, dievakuasi di rumah sakit ini.

Sepuluh korban longsor ini adalah Karyawan PT Agro Nusa Abadi (ANA), anak perusahaan  Astra Grup yang bergerak dalam usaha kelapa sawit. Para korban ini tertimbun saat sedang melakukan pengerukan di kaki gunung di Dusun Bungini Desa Bunta Kabupaten Morowali sekitar pukul 12.30 Waktu Indonesia Tengah.

Hingga malam ini, aparat kepolisian dibantu warga dan TNI, masih melakukan pencarian terhadap tiga korban lainnya yang masih tertimbun longsor. selain sepuluh korban tewas dan tiga yang masih tertimbun, 14 orang lainnya luka-luka.

Sebanyak 7 buah mobil truk, satu buah eksavator milik perusahaan dan 7 sepeda motor milik karyawan, ikut tertimbun longsor. Hingga saat ini aparat kepolisian dari Polres Morowali sudah dikerahkan untuk melakukan evakuasi.(beritapalu.com/bp002)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.